Reformasi Sistem Pengajaran Tanah Air Dibanggakan Dunia: Kata Ketua Komnas UNESCO

Indonesia patut berbangga, sebab reformasi sistem pengajaran di Tanah Air kini menjadi sorotan positif dan dibanggakan oleh dunia internasional. Inovasi dan transformasi yang diusung dalam kerangka sistem pengajaran nasional telah menarik perhatian UNESCO, menunjukkan komitmen kuat Indonesia dalam memajukan kualitas sumber daya manusianya. Pengakuan ini menegaskan bahwa langkah-langkah strategis dalam sistem pengajaran telah membuahkan hasil nyata.

Ketua Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO, Itje Chodijah, dalam sebuah sesi webinar pendidikan global pada hari Rabu, 24 April 2025, secara gamblang mengungkapkan bahwa dunia internasional mengapresiasi upaya Indonesia. Salah satu pilar utama yang menjadi perhatian adalah implementasi Platform Merdeka Mengajar (PMM). Platform ini dinilai sebagai terobosan signifikan yang mendukung guru dalam meningkatkan kompetensi, kreativitas, dan kolaborasi. PMM memberikan akses luas kepada guru terhadap berbagai modul pelatihan, sumber belajar, serta ruang berbagi praktik baik, yang secara langsung berdampak pada peningkatan kualitas pengajaran di kelas.

Reformasi sistem pengajaran juga tercermin dalam pergeseran pendekatan pembelajaran yang lebih berpusat pada siswa, dikenal dengan filosofi Merdeka Belajar. Konsep ini mendorong siswa untuk menjadi subjek aktif dalam proses pembelajaran, mengeksplorasi minat, mengembangkan potensi diri, dan belajar sesuai dengan gaya dan kecepatannya sendiri. Ini berbeda dengan pendekatan lama yang cenderung pasif, sehingga menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan. Dengan demikian, siswa tidak hanya menghafal, tetapi juga memahami dan mengaplikasikan pengetahuan.

Selain itu, aspek inklusivitas menjadi bagian tak terpisahkan dari reformasi ini. Pemerintah berupaya keras untuk memastikan bahwa sistem pengajaran dapat menjangkau seluruh anak bangsa, tanpa terkecuali, termasuk mereka yang berada di daerah terpencil, pulau terluar, maupun anak-anak dengan kebutuhan khusus. Program pemerataan akses dan peningkatan kualitas fasilitas pendidikan di seluruh wilayah menjadi prioritas. Hal ini sejalan dengan komitmen global untuk pendidikan yang berkualitas dan merata bagi semua.

Dengan segala terobosan dan reformasi yang telah dilakukan dalam sistem pengajaran, Indonesia kini menjadi inspirasi bagi banyak negara yang sedang berjuang meningkatkan kualitas pendidikannya. Pengakuan dari UNESCO ini bukan hanya kebanggaan, tetapi juga motivasi untuk terus berinovasi dan menyempurnakan sistem pengajaran agar mampu mencetak generasi emas yang tidak hanya cerdas, tetapi juga adaptif, berkarakter, dan berdaya saing di kancah global.